Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Organ Hati

Jenis-jenis penyakit yang menyerang organ hati,- Perlu anda ketahui karena hati merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Penyakit hati yang lebih dikenal dengan penyakit liver atau hepatitis ini tidak bisa dianggap sepele karena risiko terbesarnya bisa menyebabkan kematian terjadap penderitanya. Biasanya penyakit liver tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, ada yang karena racun atau toxin ada juga yang disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Apabila anda penasaran terhadap jenis-jenis penyakit yang menyerang organ hati, berikut ini informasinya:

Jenis-Jenis Penyakit Yang Dapat Menyerang Organ Hati

  • Hepatitis

Hepatitis berari radang atau pembekakan hati. Hepatitis disebabkan oleh virus. Hepatitis dapat mengakibatkan goresan atau pengerasa hati (sirosis) sehingga fungsi hati menjadi gagal dan berakibat kematian. Gejala hepatitis paling umum adalah nafsu makan hilang, kelelahan, demam, pegal sekujur tubuh, mual, muntah dan nyeri pada bagian perut.
Terdapat 5 jenis penyakit hepatitis yaitu, A, B, C, D dan E.

  • Sirosis

Sirosis merupakan penyakit dari efek lanjutan hepatitis B dan C yang kronis. Kecanduan alkohol, malnutrisi (kesalahan konsumsi gizi), serta penyakit lain yang menyebabkan tersumbatnya saluran empedu juga bisa menjadi penyebab sirosis pada hati.

  • Kanker Hati

Kanker hati yang paling banyak terjadi adalah Hepaticullar Carciona (HCC), yaitu efek komplikasi terakhir dari penyakit hepatitis yang telah berkembang mejadi sirosis kronis akibat terjangkit oleh virus hepatitis B dan hepatitis C juga hemachromatosis.

  • Steatohepatitis (Perlemakan hati)

Perlemakan hati adalah terjadinya penimbunan lemak di dalam sel-sel hati yang jumlahnya melebihi 5% dari berat hati itu sendiri atau jika penimbunan itu melingkupi lebih dari 50% jaringan sel-sel hati. Perlemakan hati adalah penyebab yang potensial dari terjadinya sirosis. Penyebab perlemakan hati secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Perlemakan hati akbiat alkohol (Alcoholic Steatohepatitis / AISH) yang terjadi akbiat dari konsumsi alkohol yang berlebihan atau kecanduan alkohol
2. Perlemakan hati bukan karena alkohol (Nonalcoholic Steatohepatitis/ NASH), penyakit ini disertai dengan matinya sel-sel hati. Penyebabnya antara lain:

  • Metabolisme tubuh yang tidak normal akibat kegemukan
  • Kelainan metabolisme lemak (lipid) karena peningkatan atau penurunan fraksi lemak dalam darah (disiplidemia)
  • Menumpuknya racun dalam hati akibat konsumsi obat-obatan atau keracunan dan
  • Pola hidup yang tidak sehat
  • Kolestasis dan Jaundice

Penyakit ini terjadi jika hati gagal memproduksi atau mengeluarkan cairan empedu. Akibatnya, akan terjadi kegagalan penyerapan lemak, vitamin (A,D,E,K) pada saluran pencernaan (usus). Selain itu, juga bisa mengakibatkan menumpuknya asam empedu, kolesterol dan bilirubin di dalam hati.

  • Hemochromatosis

Penyakit ini merupakan penyakit yang bersifat genetik (keturunan), pengidapnya mengalami kelainan metabolisme karena pengendapan besi yang berlebihan dalam jaringan hati.

Penting untuk kita mengetahui jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang hati, agar kita selalu waspada dengan gaya hidup yang kita terapkan sehari-hari. Semoga artikel kami bermanfaat, baca juga artikel kami mengenai obat sirosis hati.

| Jenis-jenis penyakit yang menyerang organ hati

Advertisements

Posted on February 19, 2015, in jenis penyakit and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: